Mengintip Proses Pembuatan Kereta Mini Hingga Sampai di Tangan Konsumen

Artikel berikut berikut mengulas liku-liku proses pembuatan kereta mini hingga sampai ke tangan konsumen:

1. Pemotongan bahan
Tahap awal pembuatan kereta mini dilakukan dengan menghitung ukuran potongan bahan besi untuk masing-masing bagian kerangkanya. Untuk menghasilkan potongan bahan yang presisi (pas dengan ukuran) maka dibutuhkan keahlian dalam memotong bahan. Hitungan setiap milimeternya merupakan tingkat kesulitan tersendiri dalam menghasilkan tingkat presisi yang baik di tiap sudut potongan bahan.

Proses Pemotongan Bahan Besi Kereta Mini Odong - odong Motor

2. Mencetak Kereta Mini Motor Fiber
Bersamaan dengan pengerjaan kerangka besi, dilakukan juga pencetakan body kereta mini dengan menggunakan fiber. Pada tahap awal ini dibuat cetakan kepala lokomotif kereta mini thomas yang selanjutnya diikuti oleh pembuatan gerbong kereta mini tersebut. 

Hasil Cetakan Kereta Mini Motor Thomas Fiber


Beginilah penampakan awal hasil cetakan fiber pada kepala lokomotif kereta mini thomas berikut dengan gerbongnya:

Hasil Cetakan Kereta Mini Motor Thomas Fiber


3. Penggabungan Rangka Kereta Mini Motor Thomas Fiber

Setelah kepala lokomotif dan gerbong kereta mini thomas tersebut jadi langkah selanjutnya adalah menggabungkan fiber dengan rangka besi. Pada tahap ini, ukuran harus presisi antara atas-bawah, kanan-kiri. Untuk menghasilkan tingkat presisi yang baik dibutuhkan ketelitian dalam perhitungan pemotongan bahannya.
 
Rangka Kereta Mini Motor Thomas Fiber

Setelah berhasil dirangka maka tahap selanjutnya adalah penghalusan bagian-bagian dari fiber. Hal ini dilakukan untuk persiapan proses selanjutnya yaitu pengecatan air brush.

4. Pengecatan Air Brush
Setelah kerangka besi dan fiber sudah terbentuk, maka proses pembuatan odong-odong kereta mini thomas ini sudah hampir selesai. Tahap selanjutnya adalah melakukan pengecatan air brush. 

Pengerjaan pengecatan air brush ini membutuhkan ketelitian tersendiri. Hal ini juga menyangkut dengan seni menggambar  dan pewarnaan. Untuk menghasilkan gambar dan warna yang bagus, mengecat menggunakan air brush memiliki skill tersendiri. 

Air brush merupakan salah satu ujung tombak dari usaha odong-odong kereta mini thomas ini. Untuk menarik minat anak-anak, pembuatan motif dan artikel gambar pada odong-odong kereta mini thomas ini harus bernuansa anak-anak yang childish. 

Berikut adalah tips pemilihan motif dan artikel gambar bagi rekan-rekan yang baru pertama kali ingin membeli odong-odong kereta mini anak:

1. Sesuaikan gambar dan motif dengan selera anak-anak.
2. Hindari emosional selera pribadi. Karena selera orang dewasa berbeda dengan selera anak-anak.
3. Gunakan variasi warna yang terang dan berwarna-warni.
4. Pilih artikel gambar tokoh yang terkenal di era anak saat ini.
5. Sesuaikan artikel gambar dan motif dengan kondisi pasar Anda, apakah menengah ke atas (untuk ditaruh di mall,  lokasi wisata, dll) atau untuk menengah ke bawah (pasar malam, kompleks perumahan, perkampungan, dll).


Pengecatan Air Brush

5. Penambahan Lampu dan Aksesoris
Yang tak kalah pentingnya penambahan aksesoris seperti lampu dan aksesoris lainnya.

Lampu dan Aksesoris Kereta Mini Motor Thomas

6. Pembuatan selesai
Setelah selesai di cat menggunakan air brush, maka selesailah tahap pembuatan kereta mini thomas ini. Selanjutnya dilakukan kembali uji kendara (test drive) untuk memastikan bahwa mesin motor berjalan dengan baik dan tidak ada masalah. 
 

Kereta Mini Motor Thomas Fiberglass Tampak Depan

Kereta Mini Motor Thomas Fiberglass Tampak Belakang

7. Pengangkutan (Shipping)

Kereta mini memiliki ukuran yang cukup besar. Dengan ukuran tersebut satu set kereta mini yang terdiri dari 1 lokomotif dan 2 buah gerbong tidak dapat diangkut menggunakan mobil pick up kecil. Mau tidak mau pengangkutan harus menggunakan truck. Oleh sebab itu konsumen harus memperhitungkan biaya pengangkutan menggunakan truck ini karena nilainya yang cukup mahal apalagi jika pengirimannya jauh. Untuk wilayah Jabodetabek saja harga pengiriman menggunakan truck berkisar antara Rp500 ribu sampai dengan Rp1 juta.

Proses Pengiriman Kereta Mini Motor Thomas Full Fiberglass

Demikian artikel singkat mengenai proses pembuatan kereta mini hingga sampai ke tangan konsumen. Untuk informasi dan pemesanan produk ini silakan hubungi Bengkel Kereta Mini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.